Wow, 8 Pendekar Sakti Indonesia Ini Turut Melawan Penjajahan. Beneran Ada Nggak Ya?

Dalam sebuah film action, pasti ada tokoh yang menjadi pendekar. Si pendekar tersebut ditunjukkan memiliki kekuatan yang luar biasa. Ada ...



Dalam sebuah film action, pasti ada tokoh yang menjadi pendekar. Si pendekar tersebut ditunjukkan memiliki kekuatan yang luar biasa. Ada yang sangat kuat, ada yang jago bela diri, bahkan ada yang kebal senjata. Keren kan? Ternyata, pendekar-pendekar sakti tersebut bisa ditemukan di dunia nyata lho, di Indonesia lagi. Ini dia, 8 pendekar sakti asli Indonesia. Yuk, kepo!


1. Entong Gendut


Entong Gendut adalah tokoh pendekar sakti asli Betawi yang berasal dari Condet. Entong Gendut dikenal luas karena perjuangannya melawan penjajah. Ia tidak tega melihat penderitaan rakyat akibat ulah penjajah. Entong Gendut melakukan pemberontakan bersama warga ke pihak Belanda. Sayangnya, ia harus tewas karena tertembak musuh.


2. Haji Darip


Haji Darip adalah pendekar asal Klender. Bagi penduduk lokal, ia dianggap sebagai jagoan sekaligus pahlawan. Namun, bagi pihak pemerintah Belanda, Haji Darip hanyalah bandit yang mengganggu pemerintahan. Haji Darip kabarnya mempunyai ilmu kebal. Ilmu tersebut diperolehnya dari jimat yang dimilikinya.


3. Sakera


Pasuruan juga memiliki pendekar sakti yang hebat. Di Bangli, Pasuruan, dikenal seorang pendekar hebat bernama Sakera. Sama dengan pendekar lainnya, Sakera juga berjuang untuk rakyat karena tidak mau melihat penderitaan yang dialami rakyat akibat penjajahan Belanda. Sayangnya, ia berhasil ditangkap musuh karena dikhianati rekannya.


4. Si Pitung


Kalau pendekar asli Betawi yang satu ini sudah terkenal di Indonesia. Si Pitung adalah pendekar legendaris yang berasal dari Rawabelong, Jakarta Barat. Si Pitung juga dikenal sebagai pendekar yang menentang penjajahan Belanda. Ia sakti dan kebal terhadap senjata tajam dan peluru. Tapi, akhirnya ia tewas di tangan musuh karena ulah licik pihak Belanda.


5. Si Jampang


Si Jampang terkenal sebagai pendekar tampan, gagah, dan berani. Ia juga jago silat. Tak hanya itu, Si Jampang juga selalu membela rakyat kecil. Si Jampang merampok tuan tanah dan orang kaya yang hasil rampokannya dibagikan kepada rakyat kecil. Pendekar sakti asal Sukabumi, Jawa Barat, ini harus meregang nyawa saat ia ketahuan merampok. Ia dibui dan dijatuhi hukuman mati.


6. Mpok Ris


Kalau dari tadi pendekarnya laki-laki, kali ini ada pemdekar perempuan. Mpok Ris adalah pendekar perempuan asal kampung Cipondoh. Mpok Ris dikabarkan jago bela diri silat. Ia juga gemar membela rakyat dengan melakukan perlawanan terhadap Belanda. Tak hanya itu, Mpok Ris pun berwajah cantik. Namun, ia harus kehilangan kekuatannya karena menikah.


7. Nyimas Gamparan

Nyimas Gamparan dikenal ikut berpartisipasi dalam perang Cikande yang terjadi pada tahun 1829 hingga 1830. Kabarnya, kehebatan Nyimas Gamparan dan pasukan yang dipimpinnya mampu merepotkan pihak Belanda. Pendekar asal Banten ini harus mengaku kalah ke pihak Belanda setelah Belanda memecah belah gerakan perlawanan.


8. Nyimas Melati


Nyimas Melati adalah pendekar sakti asal Tangerang. Putri dari Raden Kabal ini juga aktif menumpas penjajahan Belanda. Nyimas Melati sangat ahli bela diri dan juga memiliki ilmu kanuragan yang tinggi. Ia melakukan pemberontakan terhadap tuan tanah yang memihak kepada pihak penjajah.



Di balik cerita kehebatan dan perjuangan para pendekar sakti tersebut masih terbersit pertanyaan berkaitan dengan kebenaran kisah dan keberadaan sang pendekar. Hal itu patut dipertanyakan karena kisah beberapa pendekar di atas memiliki beberapa versi yang membingungkan. Ya, terlepas dari benar tidaknya kisahnya, pendekar tersebut mengajarkan kita untuk tetap membela Indonesia dan rakyat kecil. Meski mungkin kita tidak sakti seperti mereka, tapi ada banyak kok cara untuk membela Indonesia dan rakyat kecil. Salah satunya adalah dengan menjadi pribadi yang jujur dan anti-korupsi sehingga menjadi contoh bagi para generasi penerus.









COMMENTS

Nama

boarding,1,dunia,6,funny,10,news,11,olahraga,7,
ltr
item
BERITA 118: Wow, 8 Pendekar Sakti Indonesia Ini Turut Melawan Penjajahan. Beneran Ada Nggak Ya?
Wow, 8 Pendekar Sakti Indonesia Ini Turut Melawan Penjajahan. Beneran Ada Nggak Ya?
https://cdn.yukepo.com/content-images/main-images/2017/12/14/main_image_14197.jpg
BERITA 118
https://berita118.blogspot.com/2017/12/wow-8-pendekar-sakti-indonesia-ini.html
https://berita118.blogspot.com/
https://berita118.blogspot.com/
https://berita118.blogspot.com/2017/12/wow-8-pendekar-sakti-indonesia-ini.html
true
6798018840615815082
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy